PENELITIAN DAN KAJIAN PERUSAHAAN (CORPORATE RESEARCH)
Tantangan pasar bebas telah menjadi global dan di bawah tekanan persaingan dari para pesaing, dunia usaha kini harus beroperasi lebih tinggi dari biasanya. Dalam konteks ini, riset perusahaan merupakan elemen kunci yang dapat memberikan penilaian obyektif terhadap prospek masa depan perusahaan, lingkungan kompetitif dan analisis potensi keuntungan secara rinci.
Definisi Penilitian dan Kajian Perusahaan (Corporate Research)
Sederhananya, corporate research adalah riset yang kami lakukan untuk mengevaluasi dan memahami fenomena bisnis di tingkat perusahaan. Seperti halnya penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan, penelitian bisnis dimulai dengan suatu masalah atau pertanyaan, yang kemudian dijadikan hipotesis untuk dipelajari dan akhirnya membuat rekomendasi untuk bisnis. Yang terbaik adalah melakukan riset sebelum membuat rekomendasi. Misalnya Bappena (Badan Pembangunan Nasional) beroperasi di negara kita, perusahaan sering kali memiliki RnD (penelitian dan pengembangan), aktivitasnya diperbarui untuk mengevaluasi dan membantu manajer memecahkan masalah atau proyek, yang kemudian dapat menjadi panduan dalam pengambilan keputusan.
Ketika suatu perusahaan menghadapi masalah perencanaan strategis, perlu dilakukan penelitian, misalnya apakah ada hubungan antara motivasi karyawan dengan kinerja. Terkadang perusahaan tidak memiliki sumber daya yang cukup untuk menyelesaikan penelitian ini sehingga harus mencari bantuan pihak luar, termasuk konsultan, untuk menyelesaikan penelitian tersebut. Hasilnya bisa berupa penelitian, makalah review, dan lain-lain. Namun secara umum penelitian bisnis merupakan suatu kegiatan penelitian yang bertujuan untuk memecahkan permasalahan dalam suatu perusahaan, yang hasilnya disajikan dalam bentuk rekomendasi yang menjadi pedoman dalam pengambilan keputusan manajemen fisik.
Ingin menggunakan jasa konsultan untuk penyusunan (Penelitian & Kajian Perusahaan) Corporate Research?
Silahkan kontak ke nomor +62 822-3333-3724 atau tekan tombol logo WhatsApps untuk mengajukan layanan konsultan.
Manfaat Corporate Research bagi Perusahaan
- Memudahkan pengambilan keputusan oleh pimpinan dan manajer, sehingga pengambilan keputusan lebih akurat dan tepat serta mengurangi tingkat kesalahan.
- Memudahkan tahapan pengembangan ide atau strategi karena didasarkan pada bukti empiris yang berarti kemungkinan keberhasilannya lebih tinggi.
- Menarik dan meyakinkan investor seiring meningkatnya nilai perusahaan.
Komponen Penelitian dan Kajian Perusahaan (Corporate Research)
- Pendahuluan meliputi konteks, yaitu masalah atau pertanyaan utama yang ingin dijawab, dan tujuannya.
- Metode penelitian merupakan penjelasan mengenai metode penelitian yang paling tepat.
- Mengumpulkan dan mengolah data yang diterima menggunakan alat analisis tematik contoh regresi studi kemudian menggunakan SPSS, jika ingin melihat korelasi antar variabel dengan variabel lain maka menggunakan SEM-PLS atau AMOS.
- Interpretasi data yaitu mengkomunikasikan hasil pengolahan data sesuai teori dan kerangka yang digunakan dalam penelitian.
- Kesimpulan dan rekomendasi dapat berupa keputusan, kebijakan atau rencana aksi yang akan dilaksanakan oleh pemangku kepentingan perusahaan.
Langkah-Langkah Penyusunan Dokumen Penelitian dan Kajian Perusahaan (Corporate Research)
- Identifikasi tema besar, isu-isu strategis yang akan kita bahas, atau tujuan.
- Melakukan pengumpulan data, dimulai dengan menyiapkan alat pengumpulan pengumpulan data, dll.
- Analisis Data, dalam analisis data, setelah hasilnya tersedia, langkah selanjutnya adalah menafsirkan data, kemudian melakukan simulasi atau pemantauan dalam bentuk rekomendasi dan keputusan untuk memudahkan pemimpin dalam mengambil keputusan berdasarkan konsekuensi yang akan terjadi.
Dampak Positif Corporate Research bagi Stakeholders
Dampak corporate research beragam. Misalnya kita ingin mempelajari positioning yang strategis, sekarang kita menjual produk yang sama dengan kompetitor, begitu juga dengan positioningnya, lalu bagaimana kita bisa bersaing dan menang?. Oleh karena itu kami mencari solusinya. Jadi profit diutamakan, tentunya dari situ kita bisa melihat hasil dari positioning strategis tersebut, sehingga dari strategi tersebut kita bisa menciptakan keunggulan kompetitif yang berkelanjutan. Hal ini bisa kita lakukan melalui dua hal:
- pertama kita harus membuat formula atau inisiatif yang cara operasionalnya benar-benar berbeda dengan kompetitor kita.
- Kedua, jika kita tidak dapat melakukan aktivitas yang berbeda maka kita dapat melakukan aktivitas yang sama namun dengan cara yang berbeda atau unik. Aspek terpenting dari cara unik ini adalah efisiensi.
Jadi misalnya kita sama-sama memproduksi ayam goreng, katakanlah kompetitor kita membutuhkan Rp 100.000 untuk memproduksi 20 ekor ayam, nah karena cara produksi kita efisien maka kita hanya membutuhkan Rp 75.000 untuk jumlah produksi yang sama. Ya, itu akan menghasilkan posisi strategis yang menarik.
Alat Analisis yang Digunakan dalam Penyusunan Dokumen Penelitian dan Kajian Perusahaan (Corporate Research)
Alat yang digunakan sesuai dengan permasalahan yang diteliti. Misalnya saja saat ini saya sedang membantu sebuah organisasi pemerintah di Indonesia. Persoalannya adalah bagaimana membantu masyarakat berpenghasilan rendah mengakses pendidikan. Jadi, inisiatif yang saya tangkap dalam wawancara dengan stakeholders adalah harus ada koordinasi antar seluruh stakeholders di kota. Jadi untuk dapat menyelesaikan masalah ini untuk tujuan ini, saya menggunakan alat triple helix. Triple helix ini merupakan alat yang kami gunakan untuk mengkoordinasikan seluruh pemangku kepentingan mulai dari pemerintah, universitas, industri, media, asosiasi, dll.
Kemudian, dua tahun lalu, seorang pelanggan diminta mengevaluasi efektivitas program perusahaan. Jadi saya harus bisa memetakannya, saya pakai benchmark, khusus GE Matrix (General Electric Matrix). Kemudian ada juga kasus dimana tidak ada dasar untuk menyelesaikan masalah tersebut, sehingga yang dilakukan adalah brainstorming dengan pemangku kepentingan untuk membuat model yang nantinya dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah tersebut.
Metode Kerangka Berpikir untuk penyusunan Dokumen Corporate Research
Bicara tentang pendekatan kerangka kerja sehubungan dengan alat yang digunakan. Terkadang kita menggunakan kerangka umum untuk berpikir, misalnya kita mencari tahu terlebih dahulu tujuan penelitian ini kemudian menurunkan teori atau model yang akan digunakan dalam konteks permasalahan yang dihadapi pelanggan. Setelah berhasil menyelesaikan rekonstruksi atau rekonseptualisasi kerangka dan memenuhi kebutuhan klien, langkah selanjutnya adalah membahas metode penelitian, mulai dari pengumpulan data dan sebagainya. Setelah menentukan pendekatan, langkah selanjutnya adalah menentukan solusi atau strategi untuk klien, kemudian beralih ke perjanjian pendukung, apakah diperlukan perubahan struktural, perubahan kompensasi, dll.
Lama Pengerjaan Dokumen Penelitian dan Kajian Perusahaan (Corporate Research)
Berbeda dengan proyek jasa lainnya, untuk riset korporat sangat berbeda, bisa memakan waktu beberapa bulan bahkan sampai 1 tahun. Biasanya yang 1 tahun ini perlu membuat simulasi terlebih dahulu.
Ingin menggunakan jasa konsultan untuk penyusunan (Penelitian & Kajian Perusahaan) Corporate Research?
Silahkan kontak ke nomor +62 822-3333-3724 atau tekan tombol logo WhatsApps untuk mengajukan layanan konsultan.