Jasa Konsultan Penyusunan Dokumen Budget Planning, Strategic Financial Review, Financial Modelling, Valuation, Feasibility Study, dan Due Dilligence

VALUATION

BUDGET PLANNING, STRATEGIC FINANCIAL REVIEW, FINANCIAL MODELING, VALUATION, FEASIBILITY STUDY, & DUE DILIGENCE

Valuation adalah bagian penting dalam bisnis. Tanpa valuasi, perusahaan akan kesulitan mencari investor dan menilai sahamnya. Namun, ternyata dalam banyak kasus di industri, banyak pelaku bisnis baru yang belum memahami pentingnya penilaian ini. Jadi, mari kita bahas ulasannya lebih lanjut!

Pengertian Valuasi (Valuation)

Berbicara tentang valuasi sering kali dikaitkan dengan tindakan. Valuasi saham sendiri merupakan suatu metode yang digunakan untuk memperkirakan nilai wajar suatu saham suatu perusahaan. Nilai penilaian juga menunjukkan apakah keadaan keuangan perusahaan stabil atau tidak. Ada banyak indikator keuangan dalam penilaian untuk mendapatkan penilaian yang ideal. Penilaian ini menjadi penting ketika suatu perusahaan ingin menerbitkan saham baru, menerbitkan hak penerbitan, dan melakukan aktivitas korporasi lainnya untuk menentukan nilai wajar yang merupakan penilaian wajar. Penilaian bisnis adalah proses menentukan nilai bisnis atau asetnya. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai metode seperti analisis rasio, analisis faktor komparatif dan pemodelan arus kas yang didiskontokan. Penilaian biasanya digunakan dalam transaksi keuangan seperti pembelian bisnis, merger dan akuisisi, dan pembelian saham. Penilaian juga digunakan dalam perencanaan keuangan, seperti pengambilan keputusan investasi dan perencanaan pajak.

Ingin menggunakan jasa konsultan untuk penyusunan Valuasi (Valuation)?

Silahkan kontak ke nomor +62 822-3333-3724 atau tekan tombol logo WhatsApps untuk mengajukan layanan konsultan.

Definisi Nilai Valuasi

Nilai yang dinilai merupakan nilai yang diperoleh dari proses penilaian. Penilaian ini dapat digunakan untuk menentukan harga saham suatu perusahaan, harga beli, atau harga jualnya. Nilai penilaian ini diperoleh dari hasil perhitungan dan analisis data yang diperoleh dengan menggunakan metode penilaian yang tepat. Metode penilaian yang digunakan dapat berbeda-beda tergantung pada tujuan penilaian dan data yang tersedia. Nilai penilaian dapat diperoleh dengan menggunakan berbagai metode seperti metode diskonto arus kas, metode komparatif, metode aset bersih, dll.

Manfaat Valuation bagi Perusahaan

Keuntungan utama bagi perusahaan dalam menerapkan valuation adalah dapat mengetahui bagaimana bobot harga saham yang dimilikinya dan dapat mengelompokkan harga saham tersebut menjadi saham murah atau saham mahal.

Komponen dari Valuasi (Valuation)

Pembahasan komponen-komponen penilaian erat kaitannya dengan rasio-rasio yang ada pada saat penyusunan penilaian. Secara umum ada dua faktor yang biasa digunakan dalam menyusun penilaian bisnis, berikut penjelasan singkatnya:

KOMPONEN KETERANGAN

Price To Earning Ratio (PER)

Pada rasio ini harga suatu saham dibagi dengan persentase laba bersih per saham.
Perhitungan ini membantu menentukan apakah perusahaan tersebut dinilai baik.
PER ini juga dapat berguna bagi investor dalam memilih saham dan menunjukkan waktu yang tepat untuk membeli saham, perkiraan laba atas investasi, dan lainnya.

Price To Book Value (PBV)

Dalam menghitung valuasi suatu saham perlu diperhitungkan untuk mencerminkan klasifikasi saham tersebut sebagai undervalued atau sebaliknya.
PBV sendiri seringkali dianggap modal yang dikuasai oleh perusahaan.

Langkah-Langkah dalam Penyusunan Valuasi Bisnis (Valuation)

Dalam langkah-langkah penyusunan penilaian bisnis, yang paling mendasar adalah mengidentifikasi data-data sekunder melalui analisis rencana bisnis, kemudian langkah selanjutnya juga mengenai data-data yang dimiliki perusahaan dan dijadikan dasar analisis data.

Dampak Valuation terhadap Stakeholders

Dampak valuasi terhadap pemangku kepentingan dapat berbeda-beda tergantung posisi dan tujuan masing-masing pemangku kepentingan. Berikut beberapa kemungkinan dampaknya:

Alat Analisis untuk Valuasi (Valuation)

Alat analisis yang digunakan tidak jauh berbeda dengan rasio yang digunakan di bidang keuangan. Namun alat analisis ini tidak wajib selalu digunakan karena rasio keuangan memiliki beberapa karakteristik unik pada setiap rasionya. Misalnya, jika perusahaan jasa mengandalkan digital dalam segala operasionalnya dan tidak memiliki kantor, maka rasio yang diterapkan pada kegunaan aset relatif terhadap pendapatan dianggap tidak tepat. Dalam beberapa kasus lain, ada juga perusahaan yang hanya memperoleh margin keuntungan yang sangat kecil, sekitar 5-8%, sehingga perusahaan tersebut tidak cocok untuk menggunakan return on equity. Oleh karena itu, kesimpulannya adalah alat analisis yang digunakan dapat disesuaikan dengan potensi perusahaan.

Metode Kerangka Berpikir untuk Penyusunan Valuasi (Valuation)

Secara umum dan sederhana, ketika mempersiapkan penilaian Anda sendiri, hal pertama yang harus dipertimbangkan adalah mengevaluasi dan menganalisis visi dan misi perusahaan saat ini, mungkin dengan menggunakan data dan dokumen yang dihasilkan oleh perusahaan itu sendiri. Kemudian dapat dilakukan penilaian dengan menggunakan rasio keuangan dan jika hasil tersebut tercapai maka dapat dipastikan harga saham yang dimiliki perusahaan tersebut mahal, sedang atau murah.

Lama Waktu Pengerjaan Valuasi Bisnis (Valuation)

Mengenai waktu proses valuasi, jika tidak ada kendala dapat diselesaikan dalam waktu satu bulan, karena seringkali perusahaan mengharuskan segera dilakukan. Namun di sisi lain, perusahaan harus mampu menyediakan data dan dokumen yang diperlukan untuk melakukan penilaian tersebut.

Ingin menggunakan jasa konsultan untuk penyusunan Valuasi (Valuation)?

Silahkan kontak ke nomor +62 822-3333-3724 atau tekan tombol logo WhatsApps untuk mengajukan layanan konsultan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *