Jasa Konsultan Penyusunan Roadmap Branding

Branding Roadmap

BRANDING ROADMAP

Jika dicermati, branding tidak hanya berkaitan dengan kemasan atau logo perusahaan atau produk, tetapi juga mencakup banyak aspek dalam operasional bisnis. Namun sayangnya masih banyak pengusaha atau pemimpin industri yang belum menemukan merek yang tepat. Jadi mari kita bicara tentang program branding itu sendiri.

Pengertian Branding Roadmap

Membangun brand atau image memang mudah namun cukup sulit bagi sebuah bisnis. Proses membangun brand korporasi tidaklah sederhana, karena branding mencakup seluruh bidang bisnis mulai dari produksi hingga konsumsi. Merek sendiri bukan hanya sekedar nama atau logo saja melainkan suatu kesatuan dengan nama, logo, atribut, slogan atau motto, ciri khas, janji, simbol, nilai, dan sebagainya. Citra atau branding perusahaan adalah proses menciptakan dan mengelola identitas bisnis atau produk dengan menggunakan nama, logo, slogan, dan elemen visual lainnya. Tujuan dari branding adalah untuk menciptakan citra positif dan meningkatkan kesadaran merek di benak konsumen untuk meningkatkan kepercayaan dan loyalitas mereka terhadap perusahaan atau produk.

Roadmap branding adalah rencana yang menjelaskan langkah-langkah yang akan diambil untuk mencapai tujuan merek suatu perusahaan atau produk. Sebuah peta jalan merek biasanya mencakup beberapa elemen seperti analisis situasi saat ini, tujuan jangka pendek dan jangka panjang, kegiatan yang akan dilakukan, target pasar dan indikator kinerja. Strategi merek dapat digunakan oleh tim merek sebagai panduan dalam mengelola dan mengevaluasi kinerja merek suatu perusahaan atau produk. Strategi merek juga dapat digunakan untuk mengevaluasi hasil aktivitas merek dan membuat perubahan yang diperlukan untuk mencapai tujuan merek yang diinginkan.

Ingin menggunakan jasa konsultan untuk menyusun Roadmap Branding?

Silahkan kontak ke nomor +62 822-3333-3724 atau tekan tombol logo WhatsApps untuk mengajukan layanan konsultan.

Manfaat Branding Roadmap untuk Perusahaan

Keuntungan utama dari roadmap atau strategi branding suatu bisnis adalah perusahaan akan memiliki identitas tersendiri dan mudah menguasai pasar. Berikut beberapa manfaat strategi branding bagi bisnis, antara lain:

Komponen Branding Roadmap

Komponen strategi merek sendiri sangat luas dan juga bergantung pada tujuan utama yang ingin dicapai perusahaan. Sphere merupakan salah satu contoh teori yang dapat diterapkan pada komponen roadmap branding. Dapat diidentifikasi pada public sphere, social sphere, tribal sphere, dan psychological sphere.

Langkah-Langkah Penyusunan Branding Roadmap

  1. Tentukan kebutuhan.
  2. Mengembangkan strategi merek serta taktik merek mencakup tindakan praktis dan identifikasi metrik tertentu.

Dampak Positif Branding Roadmap bagi Stakeholders

Ada beberapa dampak positif yang dapat diperoleh pemangku kepentingan dari penyusunan dan penerapan strategi merek yang baik, antara lain:

Alat Analisis yang Digunakan untuk Penyusunan Branding Roadmap

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum mengidentifikasi alat analisis yang digunakan untuk menyiapkan peta jalan merek adalah mengevaluasi dan membandingkan tujuan dengan rencana bisnis. Langkah selanjutnya adalah mengidentifikasi alat analisis yang tepat untuk kebutuhan, visi, dan misi perusahaan Anda. Misalnya, ketika satu perusahaan bertujuan untuk menciptakan brand awareness dan perusahaan lain bertujuan untuk meningkatkan brand image, maka alat analisis yang digunakan pada kedua perusahaan tersebut tentu saja berbeda. Contoh alat analisis yang digunakan adalah metode OKR (Objectives and Key Results). Ada beberapa alat analisis yang dapat digunakan untuk menyiapkan peta jalan merek, antara lain:

ANALISIS KETERANGAN

Analisis SWOT

Alat analisis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dihadapi suatu bisnis.

Analisis PEST

Alat analisis yang digunakan untuk mengevaluasi faktor politik, ekonomi, sosial dan teknologi yang mempengaruhi bisnis.

Analisis Porter’s Five Forces

Alat analisis yang digunakan untuk mengevaluasi persaingan pasar yang dihadapi perusahaan.

Analisis Kompetitor

Alat analisis yang digunakan untuk mengevaluasi posisi perusahaan relatif terhadap pesaingnya di pasar.

Analisis Konsumen

Alat analisis yang digunakan untuk mengevaluasi kebutuhan dan preferensi konsumen.

Analisis Brand Equity

Alat analisis yang digunakan untuk mengevaluasi nilai merek suatu perusahaan.

Survei Konsumen

Alat analitik digunakan untuk mengumpulkan umpan balik langsung dari konsumen.

Analisis Media Sosial

Alat analisis yang digunakan untuk mengevaluasi kinerja dan efektivitas kampanye branding media sosial.
 

Analisis Kinerja

Alat analisis digunakan untuk mengevaluasi kinerja merek dan membandingkannya dengan tujuan yang telah ditentukan.

Analisis Brand Positioning

Alat analisis yang digunakan untuk mengevaluasi posisi merek dibandingkan dengan kompetitor di pasar.

Metode Kerangka Berpikir untuk Penyusunan Roadmap Branding

Dalam kerangka metode penyusunan roadmap merek, kami sangat menganjurkan penggunaan metode manajemen strategis. Sebab ada nilai-nilai turunan yang terkandung dalam rencana bisnis tersebut, yang kemudian diteruskan ke departemen terkait brand itu sendiri.

Lama Pengerjaan Roadmap Branding

Kerangka waktu yang diperlukan untuk melaksanakan peta jalan merek bergantung pada tujuan dan sasaran perusahaan. Dalam beberapa kasus di sektor ini, terjadi penundaan atau penundaan karena ketidakmampuan perusahaan untuk mendefinisikan dengan jelas tujuan dan sasaran mereknya. Tapi kalau perusahaan sudah punya tujuan dan sasaran branding yang jelas, mungkin hanya butuh waktu sebulan.

Ingin menggunakan jasa konsultan untuk menyusun Roadmap Branding?

Silahkan kontak ke nomor +62 822-3333-3724 atau tekan tombol logo WhatsApps untuk mengajukan layanan konsultan.